ZMedia Purwodadi

10 Provinsi Penghasil Kelapa Terbesar di Indonesia, Mungkin Tempat Tinggal Lo Prospek Bisnis Kelapa

Daftar Isi

10 Provinsi Penghasil Kelapa Terbesar di Indonesia, Mungkin Tempat Tinggal Lo Prospek Bisnis Kelapa
Gambatr Buah Kelapa (Dok : Ist)

Eh, pernah kepikiran gak kalau ternyata bisnis kelapa tuh lagi hype banget? Yoi, kelapa, bro! Buah yang selama ini sering kita cuekin, ternyata punya potensi gede buat dijadiin ladang cuan. Apalagi kalo lo tinggal di provinsi yang jadi penghasil kelapa terbesar di Indonesia. Siapa tau, lo udah duduk di atas potensi bisnis yang gede, tapi malah belum sadar aja. Jadi, yuk kita bahas nih, daftar 10 provinsi penghasil kelapa terbesar di Indonesia. Siapa tau tempat tinggal lo masuk dan bisa jadi prospek bisnis kelapa!

Berikut daftar lengkapnya

 Data ini gue kutip dari situs Badan Pusat Statistik (BPS). Nggak sembarang data, coy!

 1. Riau: 406,9 Ribu Ton

Yup, posisi pertama disabet Riau! Dengan produksi 406,9 ribu ton kelapa tiap tahun, Riau jadi juara kelapa di Indonesia. Bayangin aja, segitu banyak kelapa tiap tahun! Mungkin lo yang tinggal di sini sering ngelihat pohon kelapa berseliweran di mana-mana tapi nggak ngeh. Nah, kalau lo udah sadar sekarang, bisa tuh mulai bisnis dari kelapa. Mulai dari bikin kopra, minyak kelapa, sampai bisnis air kelapa yang makin nge-hits buat minuman sehat. Jadi, udah siap jadi pebisnis kelapa, bro?

2. Sulawesi Utara: 269,5 Ribu Ton

Di posisi kedua, kita punya Sulawesi Utara dengan produksi 269,5 ribu ton kelapa tiap tahunnya. Kondisi iklimnya yang super ideal bikin kelapa di sini tumbuh subur. Kalo lo kebetulan lagi baca ini sambil nongkrong di pantai Sulut yang cakep-cakep, inget ya, pohon kelapa di sekitar lo itu lagi "nyetok" cuan buat lo! Tinggal lo mau nggak nih mulai garap prospeknya?

3. Jawa Timur: 233,7 Ribu Ton

Selanjutnya ada Jawa Timur. Provinsi ini nyumbang 233,7 ribu ton kelapa tiap tahunnya. Gokil gak tuh? Dan yang bikin Jatim oke banget buat kelapa adalah daerah pesisirnya yang luas dan subur. Jadi, buat lo yang tinggal di Jatim, nggak ada alasan lagi buat nggak mempertimbangkan bisnis kelapa. Apalagi, dengan segala kemudahan akses dan infrastruktur yang mumpuni di sini, lo tinggal pilih mau mulai dari mana.

4. Sulawesi Tengah: 206,3 Ribu Ton

Sulawesi Tengah ada di urutan keempat, memproduksi 206,3 ribu ton kelapa. Waduh, Sulawesi emang nggak main-main ya dalam urusan kelapa. Lo yang di Sulteng, harusnya sih udah mulai ancang-ancang buat bisnis kelapa. Bayangin aja, segitu banyak kelapa tiap tahun, tapi belum banyak yang ngeh buat ngegarap. Jangan kebanyakan mikir, guys, ambil peluang ini!

5. Maluku Utara: 200,1 Ribu Ton

Maluku Utara juga nggak mau ketinggalan, nih. Mereka berhasil memproduksi 200,1 ribu ton kelapa setiap tahun. Gue rasa, kalau lo tinggal di sini, lo udah punya pemandangan kelapa setiap harinya. Jangan cuma lihat, sob! Bikin sesuatu dari kelapa-kelapa ini. Nggak cuma buat konsumsi lokal, Maluku Utara juga punya potensi ekspor yang besar. Lo tinggal cari ide produk kelapa yang punya nilai jual tinggi, dan boom, bisnis lo bisa melejit!

6. Jawa Tengah: 158,2 Ribu Ton

Jawa Tengah nggak mau kalah dengan produksi kelapa sebesar 158,2 ribu ton. Terutama di daerah pesisir utara dan selatan, kelapa jadi salah satu tanaman penting. Kalau lo tinggal di Jateng dan udah mikir mau usaha tapi bingung mulai dari mana, coba deh cek potensi kelapa di daerah lo. Siapa tau kelapa yang tumbuh subur di kebun sebelah rumah lo bisa jadi jalan lo buat sukses, bro!

7. Sumatra Selatan: 114,9 Ribu Ton

Di posisi selanjutnya ada Sumatra Selatan yang memproduksi 114,9 ribu ton kelapa tiap tahunnya. Lo yang ada di Sumsel pasti udah nggak asing sama pohon kelapa di sekitar lo. Dan jangan lupa, kelapa bisa diolah jadi banyak produk, mulai dari makanan, minuman, sampai kosmetik. Jadi, kalo lo lagi cari ide bisnis yang gampang dan prospeknya bagus, kelapa bisa banget jadi pilihan.

8. Jambi: 114,3 Ribu Ton

Jambi ada di peringkat kedelapan, dengan produksi 114,3 ribu ton kelapa per tahun. Jangan ngeremehin Jambi, guys! Walaupun nggak segede provinsi lain, kelapa di sini tumbuh dengan baik. Kalau lo lagi galau mau buka usaha apa di Jambi, coba deh lirik kelapa. Mulai dari bisnis sederhana kayak jual air kelapa atau kopra, bisa jadi langkah awal yang oke.

9. Sumatra Utara: 102,4 Ribu Ton

Di posisi kesembilan ada Sumatra Utara, dengan total produksi 102,4 ribu ton kelapa tiap tahun. Sumut emang terkenal dengan banyak produk pertaniannya, termasuk kelapa. Jadi, buat lo yang tinggal di sini, ini saatnya melirik potensi bisnis kelapa. Apalagi dengan teknologi pengolahan yang makin canggih, lo bisa bikin produk inovatif dari kelapa yang bisa dipasarkan luas.

10. Jawa Barat: 92,9 Ribu Ton

Terakhir, tapi bukan berarti yang paling kecil, ada Jawa Barat. Dengan produksi 92,9 ribu ton kelapa per tahun, Jabar tetap jadi salah satu provinsi penghasil kelapa yang patut diperhitungkan. Kalau lo tinggal di Jabar, coba deh pikirin lagi soal kelapa ini. Mungkin lo nggak sadar, tapi bisnis kelapa punya potensi besar banget, dan lo bisa mulai dari kecil-kecilan dulu, bro!

Kesimpulan 

Itu dia 10 provinsi penghasil kelapa terbesar di Indonesia. Kalau ternyata tempat tinggal lo masuk dalam daftar, ini pertanda baik buat lo mulai ngelirik bisnis kelapa. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai riset kecil-kecilan, siapa tau bisnis kelapa ini bisa jadi jalan lo menuju sukses. Udah nggak sabar kan buat ngegarap? 😉

Posting Komentar